Konsolidasi Perubahan Kepemilikan

Akuisisi Selama Suatu Periode Akuntansi

Apabila perusahaan induk mengakuisisi perusahaan anak selama suatu periode akuntansi, beberapa penyesuaian konsolidasi harus dibuat untuk memperhitungkan laba perusahaan anak yang dihasilkan sebelum akuisisi dan dimasukkan dalam harga beli. Laba seperti itu disebut sebagai laba paakuisisi (preacquistion earnings) untuk membedakannya dengan laba entitas konsolidasi. Dengan demikian, Deviden praakuisisi (preacquisition dividens ) adalah deviden yang dibayar atas saham sebelum akuisisi yang membutuhkan penyesuaian konsolidasi tambahan.

 

Laba Praakuisisi

secara konseptual, laba praakuisisi disebut juga purchased income dieliminasi dari laba konsolidasi dengan salah satu dari dua metode.

  1. Kita dapat mengeluarkan penjualan dan beban perusahaan anak ebelum akuisisi dari penjualan dan beban konsolidasi.
  2. Memasukkan penjualan dan bebam perusahaan anak pada laporan laba rugi konsolidasi selama setahun penuh serta mengurangkan laba praakuisisi sebagai pos terpisah.

 

Deviden Praakuisisi

Deviden yang dibayar atas tsaham sebelum akuisisi ( deviden praakuisisi ) akan dieliminasi salam proses konmsolidasi karena dividen tersebut bukan merupakan bagian dari ekuitas yang diperoleh. Eliminasi investasi bersifat resprokal dalam perusahaan anak dan saldo ekuitas perusahaan anak untuk mengompensasi fakta bahwa saldo ekuitas perusahaan anak dieliminasi pada awal periode, sementara saldo investasi dieliminasi pada tanggal akuisisi dalam periode tersebut.

 

Konsolidasi

Laba prakuisisi akan dicantumkan dalam kertas kerja melalui ayat jurnal kertas kerja. kemudian kita akan menhurangkannya ketika menghitung laba bersih konsolidasi. Klasifikasi laba praakuisisi dalam laporan laba rugi konsolidasi sejajar dengan klasifikasi beban hak minoritas. Kertas kerja konsolidasi untuk periode akuntansi selanjutnya tidak akan terpengaruh oleh akuisisi tengah tahun.

 

Akuisisi Bagian Per Bagian

Akuisisi bagian per bagian (piecemeal acquisitions) tersebut tidak menimbulkan masalah analisis yang baru jika perusahaan induk memperhitungkan investasinya berdasarkan metode ekuitas. Akan tetapi, akuisisi seperti ini memerlukan rincian perhitungan laba investasi dan laba bersih konsolidasi yang lebih banyak.

 

Penjualan Kepentingan Kepemilikan

Apabila perusahaan induk/investor menjual kepentingan kepemilikan,keuntungan atau kerugian atas penjualan dihitung sebagai perbedaan antara hasil penjualan dan nilai buku investasi yang dijual. Tentu saja, nilai buku investasi harus merefleksikan metode ekuitas jika investor mampu menggunakan pengaruh yang signifikan terhadap perusahaan investee. Jika perusahaan induk memperoleh kepemilikan melalui beberapa pembelian yang berbeda, saham yang akan dijual harus diidentifikasikan dengan akuisisi tertentu. Hal ini biasanya dilakukan atas dasar identifikasi khusus atau asumsi FIFO ( first-in-frst-out).

 

Perubahan Kepentingan Kepemilikan dari Transaksi Saham Perusahaan Anak

Penerbitan saham perusahaan anak merupakan suatu untuk memperluas operasi perusahaan anak melalui pembiayaan eksternal. Tentu saja, baik keputusan ekspansi maupun pembiayaan dikendalikan oleh perusahaan induk. Pihak manajemen induk mungkin memutuskan untuk membangun pabrik baru untuk perusahaan anaknya dan membiayai pembangunan tersebut dengan menjual saham tambahan perusahaan anak perusahaan induk. 

Operasi perusahaan anak juga diperluas melalui penerbitan saham perusahaan anak ke pada publik.Kepemilikan perusahaan induk/investor dalam perusahaan anak/investee akan berubah akibat perusahaan anak menjual saham tambahan atau melalui pembelian saham miliknya. Pengaruh aktifitas seperti ini terdapat perusahaan induk/investor tergantung pada harga ketika saham tambahan dijual atau saham treasury dibeli dan pad apakah perusahaan induk terlibat secara langsung dalam transaksi dengan perusahaan anak.
a. Penjualan Saham Tambahan oleh Perusahaan Anak.
Penjualan saham tambahan oleh perusahan anak akan mengubah presentase kepemilikan perusahaan induk dalam perusahaan anakkecuali saham yang dijual kepada perusahaan induk dan pemegang saham minoritas proposional dengan kepemilikikannya. Penjualan saham tambahan secara langsung kepad perusahaan induk akan meningkatkan kepemilikan perusahaan induk dan mengurangi kepemilikan pemegang saham minoritas. Penerbitan saham tambahan kepada pemegang saham minoritas atau entitas luar oleh perusahaan anak akan menurunkan presentasi kepemilikan perusahaan indukdan meningkatkan kepemilikan pemegang saham minoritas.
b. Transaksi Saham Treasury oleh Perusahaan Anak.
Akuisisi saham treasury oleh perusahaan anak mengurangi ekuitas perusahaan anak dan saham yang beredar perusahaan anak. Jika perusahaan anak mengakuisisi saham treasury dari pemegang saham minoritas pada nilai buku, tidak ada perubahan yang terjadi pada bagian perusahaan induk atas ekuitas perusahaan anak meskipun presentase kepemilikan perusahaan induk meningkat. Pembelian saham miliknya sendiri dari pemegang saham minoritas dengan harga di atas atau dibawa nilai buku akan menurunkan atau meningkatkan bagian perusahaan induk atas nilai buku perusahaan anak dan waktu yang sama meningkatkan presentase  kepemilikan perusahaan induk.
Transaksi saham treasury yang selalu sering dan tidak singifikan oleh perusahaan anak cenderung  dioffset dengan pembelian dan penjualan serta tidak memerlukan penyesuaian seperti yang telah diilustrasikan.


DEVIDEN SAHAM DAN PEMECAHAN SAHAM OLEH PERUSAHAAN ANAK
.
Deviden saham ( stock dividen) dan pemecahan saham (stock split)oleh perusahaan anak yang dimiliki secara substansial belum begitu umum kecuali hak minoritas tersebut diperdagangkan secara aktif di pasar sekuritas. Hal ini disebabkan manajemen perusahaan induk mengendalikan tindakan tersebut dan biasanya tidak ada manfaatnya yang diperoleh oleh entitas konsolidasi atau perusahaan induk dari kenaikan jumlah saham yang beredar milik perusahaan anak melalui pemecahan saham atau deviden saham.
Akuntansi perusahaan induk dan prosedur konsolidasisan tidak dipengaruhi oleh pemecahan saham perusahaan anak. Akan tetapi, deviden saham perusahaan anak akan menyebabkan perubahan kertas kerja konsolidasi.

Refrensi :

Beams, floyd A, dkk. 2009. Akuntansi lanjutan (advanced accounting) edisi 9. Jakarta: erlangga. 

 

2 Comments

Tinggalkan komentar